Mengenal Kurikulum yang Digunakan Sekolah Internasional

Saat ini semakin banyak sekolah bertaraf internasional hadir di Indonesia dan mayoritas berada di kota-kota besar. Sebut saja seperti di Jakarta, Semarang, Medan, Surabaya, Denpasar, dan lain sebagainya. Banyak yang menjadikannya sebagai pilihan karena dilihat dari aspek kurikulum, sekolah internasional dinilai lebih baik.

Kurikulum yang Digunakan Sekolah Internasional

Kurikulum pendidikan di Indonesia secara nasional ditetapkan oleh pemerintah melalui Kemendikbud. Kurikulum ini ternyata berbeda dengan kurikulum di negara lain, dan hal seperti ini tentunya lumrah. Ketika ada sekolah internasional berdiri di Indonesia ternyata mereka menggunakan kurikulum di negara lain.

Kurikulum yang berbeda inilah yang kemudian membuat sistem pembelajaran di sekolah internasional berbeda. Misalnya, sistem pembelajaran lebih interaktif dan umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Menariknya lagi, ada banyak jenis kurikulum internasional bisa ditemukan di sekolah-sekolah internasional di Indonesia. Diantaranya adalah:

  1. Kurikulum Montessori

Kurikulum internasional yang pertama adalah kurikulum Montessori yang cukup populer di Indonesia, sebab sudah banyak sekolah internasional mengadopsi kurikulum satu ini. Kurikulum Montessori diketahui sebagai kurikulum yang berfokus pada pengembangan karakter anak dan pengarahan diri. Kurikulum ini biasanya diterapkan di jenjang pra sekolah dan sekolah dasar bertaraf internasional.

  1. Kurikulum Cambridge International

Kurikulum internasional berikutnya adalah kurikulum yang dicetuskan oleh Cambridge University yang merupakan universitas terkemuka di negara Inggris. Kurikulum ini sangat terkenal di Indonesia dan dunia sebab memiliki 4 fokus utama.

Dimulai dari cara pandang internasional, kemampuan bahasa Inggris, metode pendidikan mutakhir, dan memberi kesempatan kepada alumni untuk sekolah di universitas terbaik. Lulusannya dikenal punya kemampuan public speaking yang baik dan punya kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

  1. Kurikulum International Baccalaureate

Kurikulum International Baccalaureate dikenal dengan sebutan kurikulum IB dan pertama kali diperkenalkan di Jenewa, Swiss di tahun 1960-an. Kurikulum internasional ini dikenal mendukung perkembangan kreativitas dan kecerdasan emosi anak didiknya. Sehingga para alumni tidak hanya pintar akan tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi, baik kepada sesama maupun lingkungan.

  1. International Primary Curriculum (IPC)

Berikutnya adalah kurikulum IPC atau International Primary Curriculum, Kurikulum internasional ini semakin populer di Indonesia. Dimana fokus utamanya adalah pada pengembangan karakter dan kepribadian anak. Sehingga di kurikulum ini anak-anak tidak diberi teori yang harus dihafalkan semalam suntuk.

Melainkan diberi kebebasan untuk mengembangkan diri mereka. Meskipun sistem belajarnya lebih fleksibel ternyata kurikulum satu ini efektif mencetak alumni yang memiliki keunggulan di berbagai bidang dan mampu berkompetisi dengan baik di masyarakat. Bahkan tidak sedikit alumninya yang mampu berkompetisi dengan baik di ajang global (internasional). Tidak sulit menemukan sekolah internasional yang menerapkan salah satu dari beberapa kurikulum internasional di atas. Silahkan mencari tahu mengenai masing-masing kurikulum, sehingga bisa menentukan kurikulum mana yang sesuai keinginan dan kebutuhan anak dan Anda sendiri. Sebagai pertimbangan bisa mencoba kurikulum internasional di British Kindergarten in Jakarta yang sudah dikenal memberikan kegiatan pendidikan yang berkualitas.

admin

be your self

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.