Wajib Tahu Waktu Paling Tepat Mengganti Oli untuk Motor Matic

Dalam menjaga performa mesin motor matic agar selalu dalam kondisi yang prima, maka diperlukan penggantian oli menggunakan jenis oli terbaik untuk motor matic. Penggantian oli pada motor kesayangan Anda sangat penting dilakukan secara rutin agar mesin yang dihasilkan lebih bagus dan nyaman ketika digunakan. Meski demikian, tahukah Anda kapan waktu yang tepat dalam mengganti oli pada motor? Agar tidak salah langkah, sebaiknya Anda simak artikel terkait waktu yang tepat penggantian oli motor matic di bawah ini.

Tanda – tanda oli motor harus secepatnya dilakukan penggantian

Sebelum mengetahui lebih detail mengenai kapan waktu yang tepat dalam mengganti oli motor matic, sebaiknya Anda perlu mengenali beberapa tanda – tanda oli motor harus diganti berikut ini :

  • Tarikan mesin terasa berat

Ketika tarikan mesin motor sudah mulai berat karena seringnya Anda menaiki motor di jalan yang macet atau selalu memaksa motor melaju dalam kecepatan tinggi, maka Anda perlu mengganti oli dengan yang baru. Sebab, jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka ditakutkan akan menjadikan kinerja motor mengalami penurunan.

  • Motor sering dipakai untuk melewati jalanan yang menanjak

Tanda motor matic harus diganti oli yang baru yakni ketika motor yang Anda pakai sering dipakai untuk melewati jalanan yang menanjak. Perlu Anda ketahui, bahwa jalanan yang menanjak siapa sangka dapat membuat oli kendaraan cepat panas karena terlalu dipaksa untuk di gas terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu mengganti oli sesegera mungkin.

Kapan waktu yang tepat mengganti oli motor matic?

Kemunculan berbagai jenis oli terbaik untuk motor matic, menjadikan Anda lebih mudah dalam menemukan jenis oli yang cocok untuk motor kesayangan Anda. Meski demikian, tidak sedikit orang yang bingung dalam menentukan kapan waktu yang tepat dalam mengganti oli motor matic. Umumnya, mengganti motor matic bisa dilakukan dengan melihat jarak tempuh seperti berikut :

  • Jarak tempuh 2000 kilometer (km)

Ketika jarak tempuh motor matic sudah mencapai 2000 km, sebaiknya langsung diganti dengan oli baru. Sebab, untuk jarak tempuh ini dinilai sudah tidak layak dipakai lantaran dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kendaraan.

  • Jarak tempuh 3000 kilometer (km)

Penggantian oli juga harus dilakukan ketika motor sudah mencapai jarak tempuh 3000 km. Cukup dengan mengecek speedometer untuk melihat berapa jarak tempuh motor, maka Anda bisa menentukan sendiri kapan penggantian oli dapat dilakukan.

Selain dari jarak tempuh di atas, Anda juga bisa melakukan penggantian oli motor matic setiap 2 bulan sekali jika jarak tempuh sudah mencapai 20 – 50 km. Sementara jika dalam satu hari motor matic menempuh jarak 200 km, maka Anda bisa menggantinya setiap 2 minggu sekali. Untuk mengganti jenis oli terbaik untuk motor matic ini Anda bisa menggunakan produk unggulan dari Idemitsu yang hemat dan ramah lingkungan.

admin

be your self

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.