Tips Menyimpan Pia agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Mengunjungi kota Malang, baik untuk liburan atau perjalanan bisnis, rasanya tidak akan lengkap bila belum mencicipi makanan khas Malang. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Pia Mangkok khas Malang, yang bisa bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk teman atau kerabat. Untuk membeli pia ini pun cukup mudah, karena sudah banyak toko oleh-oleh yang menjual pia ini, kamu bahkan bisa membelinya secara online sehingga tidak perlu mengantri lagi.

Salah satu ciri khas Pia Malang adalah teksturnya kulitnya yang kering namun lembut, serta isinyannya yang melimpah. Rasanya tentu lebih enak bila dikonsumsi dalam kondisi yang prima.

Nah, untuk kamu yang berniat untuk membeli pia malang sebagai oleh-oleh dan ingin menikmatinya dalam waktu yang lama, berikut beberapa cara untuk menyimpan pia agar tahan lama dan awet di rumah:

Jangan campur dengan kue lain

Bila kamu memiliki kue jenis lain, seperti kue lembut, sebaiknya jangan simpan kue tersebut dalam wadah yang sama dengan pia. Ini karena suhu yang berbeda pada kue lembut akan membuat pia yang memiliki kulit dengan struktur kering menjadi lebih cepat lembab dan tidak tahan lama.

Simpan dalam wadah kedap udara

Bila ingin menyimpannya ke dalam stoples, pastikan wadah yang akan digunakan benar-benar kering, bersih, dan kedap udara. Lap wadah dengan kain kering dan bersih, bila perlu, jemur atau angin-anginkan stoples sebelum digunakan. Wadah yang kedap udara penting untuk menjaga agar bagian dalam wadah tetap kering dan tidak menyebabkan pia menjadi lembab.

Simpan di tempat sejuk

Jangan khawatir bila kamu tidak memiliki kulkas di rumah. Pia tetap bisa bertahan lama meski disimpan di suhu ruangan, asalkan tidak terkena sinar matahari langsung. Panas dan sinar matahari langsung dapat membuat pia menjadi jamuran, karena itu, simpanlah pia di tempat yang sejuk.

Simpan di kulkas

Bila kamu ingin menyimpan pia dalam waktu yang lebih lama lagi, maka menyimpannya di kulkas bisa menjadi pilihan. Menyimpan pia dalam kulkas dapat memperpanjang umur dari pia hingga beberapa minggu. Namun pastikan, kamu menyimpannya dalam wadah tertutup sehingga tidak ada kelembaban dari kulkas yang masuk ke dalamnya. Itu tadi beberapa tips menyimpan pia agar tetep awet dan tahan lama. Bila kamu merasa tips tadi masih terlalu sulit, maka jangan khawatir, saat ini pengemasan pia sudah cukup canggih. Misalnya saja Pia Mangkok yang dikemas dalam plastik per satu pia sehingga awet lebih lama. Kamu cukup menyimpannya di kotak atau wadah tanpa perlu khawatir pia akan lembab. Selain itu pengemasan satuan ini juga membuat pia lebih higienis. Membagi-bagi pia untuk oleh-oleh atau dibawa sebagai kudapan pun jadi lebih mudah.

admin

be your self

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.