Bahan Bangunan Alami Yang Biasa Dibutuhkan Dalam Konstruksi Bangunan

Dalam membangun bangunan, kita sering sekali memerlukan beberapa bahan seperti marmer lokal, besi beton, dan lain sebagainya. Akan tetapi ada beberapa bahan alami yang masih dibutuhkan demi mendapatkan bangunan yang kokoh. Apa saja bangunan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Bahan Bangunan Batu Kali

Batu kali adalah balok batu yang ukurannya tidak beraturan.  Batu ini adalah sejenis bahan bangunan alami, diambil dari sungai atau pegunungan. Batu kali adalah batuan yang digunakan sebagai bahan bangunan untuk membuat fondasi  penting untuk konstruksi rumah dan struktur lainnya.  Bahan ini dipilih karena lebih kaku dari bahan dasar lainnya.

2. Lumpur dan tanah liat

Lumpur dan tanah liat merupakan salah satu bahan alam yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Penggunaan lumpur dan tanah liat  sangat tergantung pada jenis konstruksi yang Anda inginkan. Hal ini juga berlaku untuk kualitas lantai yang digunakan.

3.  Bata

Bata adalah bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dibakar dengan ciri khas warna merah. Batu bata ini juga dikenal sebagai bata merah. Bahan ini sering digunakan untuk  dinding rumah, karena sangat kuat dan tahan lama. Walaupun sekarang sudah banyak bahan lain yang dapat digunakan untuk dinding luar bata, bahan ini masih merupakan bahan bangunan  yang paling umum digunakan.

4. Pasir

Pasir merupakan salah satu bahan bangunan alami. Beberapa jenis pasir biasa digunakan sebagai campuran semen. Pasir halus adalah pasir dengan kandungan lumpur rendah. Hal ini disebabkan komposisi lumpur dari semen yang mencegah ikatan antara semen dan pasir.

5. Batu Kapur

Batu kapur adalah batuan sedimen yang digunakan sebagai campuran pasir dan semen. Batu ini digunakan sebagai bahan hemat semen.

6. Kerikil

Kerikil adalah batu kecil yang digunakan dalam produksi beton  dengan semen dan pasir untuk mengisi kolom. Kerikil yang bermutu baik adalah kerikil yang berasal dari batuan yang besar, keras, dan berat. Hindari memilih  kerikil yang  sangat ringan dan berlubang karena kualitasnya buruk.

7. Bata

Salah satu alternatif pengganti bata merah dalam pembuatan dinding adalah bata. Terbuat dari campuran pasir dan semen dengan perbandingan 8 : 1. Pembuatannya relatif lebih sederhana dibandingkan bata merah karena tidak memerlukan pembakaran. Kelemahan batu bata adalah lebih mudah menyerap panas, sehingga rumah yang menggunakan batu bata sebagai dinding akan lebih hangat di siang hari.

8. Kayu

Kayu merupakan bahan bangunan alami yang biasa digunakan untuk tile bar dan kusen pintu dan jendela. Di beberapa daerah dengan curah hujan yang tinggi, kayu digunakan untuk lantai dan dinding. Kayu halus adalah kayu dengan permukaan kering merata. Jika kayu masih basah, instalasi kayu dapat melengkung selama aplikasi.

Itu dia beberapa bahan bangunan alami yang masih sangat dibutuhkan dalam berbagai macam proyek pembangunan. Tidak jarang orang memakai jasa pengiriman container Jakarta demi mendapatkan bahan bangunan yang mereka inginkan untuk dipakai.

admin

be your self

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.